Pengenalan PHP

Pada postingan ini Anda akan dikenalkan dengan PHP sebagai salah satu server side programming, pengertian server side programming dan client side programming, serta alasan mengapa memilih PHP. Tak lupa pula akan dijelaskan tool apa saja yang diperlukan untuk belajar PHP.

Pengenalan PHP

Tentang Client Side dan Server Side Programming 


PHP atau merupakan singkatan rekursif dari PHP : Hypertext Preprocessor adalah suatu bahasa pemrograman yang termasuk kategori server side programming. Wah… apaan tuh maksudnya server side programming? OK… server side programming adalah jenis bahasa pemrograman yang nantinya script/program tersebut akan dijalankan oleh server. Selanjutnya hasil pengolahan script/program tersebut akan dikirim ke client sebagai output. Programming. Untuk client side programming, script/program akan diproses di dalam client sendiri. 

Kenapa PHP? 


Di samping PHP, sebenarnya ada beberapa jenis pemrograman lain yang termasuk server side programming yaitu JSP (Java Server Pages), ASP (Active Server Pages), Phyton, dan Perl, serta masih ada lagi beberapa yang lain. Namun mengapa saya rekomendasikan PHP untuk Anda pelajari? Ya… karena PHP memiliki beberapa kelebihan antara lain: 

  1. Bahasa pemrograman PHP sangat mudah dipelajari karena mirip dengan bahasa C/C++ 
  2. PHP mudah diimplementasikan karena software PHP servernya 100% Free 
  3. Kebanyakan server web hosting mensupport PHP
  4. PHP paling banyak digunakan oleh web programmer di seluruh dunia 
Statistik Penggunaan PHP
Sumber : http://www.php.net/usage.php


Menurut TIOBE index, PHP merupakan bahasa pemrograman yang memiliki tingkat rating no. 4 setelah Java, C dan C++ di akhir tahun 2008 ini. Selain itu trend penggunaan PHP sebagai bahasa pemrograman selama kurun waktu 2002 s/d 2008 adalah sebagai berikut 


TPCI
Sumber : http://www.tiobe.com/index.php/content/paperinfo/tpci/index.html 


Dari grafik di atas tampak bahwa PHP masuk dalam 10 besar bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan, dan PHP termasuk urutan nomor 2 pemrograman favorit.

Tool Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Belajar PHP?


Untuk memudahkan Anda belajar PHP, berikut ini beberapa tool yang sebaiknya Anda miliki :

  1. Software web server, bisa dipilih salah satu antara Apache, IIS, PWS (100 % free)
  2. Software PHP server (100% free)
  3. Software database, sebaiknya pilih MySQL karena 100% free. Bila sudah menguasai PHP + MySQL bisa dikembangkan dengan database yang lain.
  4. Text Editor, misalkan Notepad atau Notepad++. Dalam hal ini saya merekomendasikan Notepad++ karena selain software ini 100% free, juga mensupport untuk memudahkan penulisan bahasa program.
  5. Web Editor, misalnya Dreamweaver atau Frontpage (sifatnya optional) sebagai pendukung saja.

Untuk tool no. 1 s/d 3 sebenarnya Anda tidak perlu mencarinya atau menginstalasi secara terpisah, karena ada software paket yang di dalamnya sudah tersedia web server Apache, PHP server dan MySQL. Dalam hal ini saya merekomendasikan AppServ (http://www.appservnetwork.com), XAMPP atau EasyPHP sebagai softwarenya, yang kesemuanya absolutely FREE.