Pengertian dan Jenis-jenis Printer

Pengertian Printer


Printer adalah sebuah perangkat keras output yang terhubung pada komputer untuk menampilkan sebuah dokumen dalam bentuk cetakan (print) yang berupa teks maupun gambar/grafik pada sebuah kertas, plastik atau kain dan lain-lain sejesinya dengan istilah resolusi yang disebut DPI (Dot Per Inch) maksudnyaadalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 (satu) Inci.

Printer letaknya terpisah dengan perangkat lain seperti monitor atau CPU dan dapat terhubung melalui kabel usb ataupun jaringan tertentu. Berbeda halnya dengan monitor yang juga sebagai alat output yang menghasilkan cetakan dalam bentuk yang tidak berwujud dan hanya dapat di lihat dan dirasakan oleh pengguna, sedangkan printer hasil cetakannya merupakan bentuk fisik dari sebuah dokumen yang dapat disentuh.

Cetakan yang dihasilkan oleh printer berbeda-beda tergantung pengaturan dan biasa juga di pengaruhi oleh merek atau tipe printer tersebut. Untuk menghasilkan cetakan yang baik maka resolusinya harus tinggi dan begitupun sebaliknya.


Jenis-Jenis Printer



1. Printer Inkjet


Printer Inkjet merupakan Printer yang menggunakan tinta untuk mencetak dengan kualitas hasil cetakannya rata-rata cukup bagus tergantung merek dan tipe printer. Printer inkjet ini umumnya menggunakan tinta jenis dye yang merupakan jenis tinta dengan kelebihan hasil cetakan warna yang sempurna tetapi cepat luntur dan kurang tahan terhadap perubahan cuaca . Jenis tinta lainnya adalah tinta pigmen yang mempunyai karakteristik tidak cepat luntur, tidak cepat memudar apabila terkena matahari, waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih cepat dibandingkan dengan tinta dye namun hasil cetakan warna tidak sebagus tinta dye.


2. Printer Laser Jet


Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.


3. Printer Dot Matrik


Jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.