Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Laptop

Siapa yang tidak punya laptop? Laptop sangat mudah kita temukan dalam kehidupaan sehari-hari, hampir sebagian besar penduduk di muka bumi ini memiliki yang namanya laptop, tapi dari sekian banyak yang memiliki yang namanya lapop ini masih banyak yang sering saya lihat dan dapatkan pengguna yang belum begitu paham dengan barang elektronik ini. Mereka hanya tahu memakai tanpa memperhatikan hal-hal sepele yang dapat merusak laptop mereka sendiri. Mengapa tidak yang namanya barang elektronik pasti rentang dengan yang namanya kerusakan baik itu kerusakan hardware ataupun kerusakan pada sistem barang tersebut.

Pada artikel ini akan saya bagikan beberapa kesalahan-kesalahan pengguna laptop yang dapat merusak laptopmereka sendiri tanpa disadari ataupun sudah tahu tapi tetap dihiraukan. Kesalahan-kesalahan ini bisa merusak hardware yang pastinya memerlukan biaya yang banyak untuk memperbaiki kerusakan tersebut maupun kerusakan software yang bisa merusak kinerja sistem operasi ataupun yang lebih parah lagi merusak sistem operasi itu sendiri sehingga perlu dilakukan install ulang yang biayanya berkisar 50.000 sampai 100.000.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Laptop

  1. Mengangkat Laptop dengan memegang layar / LCD

    Kebiasaan ini sering saya lihat khususnya bagi pengguna laptop mini (notebook). Mengangkat laptop dengan memegang layar / LCD dapat menyebabkan engsel layar laptop longgar dan tidak bisa tegak dengan benar seperti yang kita inginkan. Sepele namun dapat menjadikan Anda kurang nyaman dalam menggunakannya.


  2. Men-charge laptop dengan memasang charge ke laptop terlebih dahulu baru memasang ke terminal / colokan listrik

    Kebiasaan ini sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna laptop memasang charge ke laptop terlebih dahulu baru memasangnya ke terminal (colokan listrik). Biasanya pada saat kita memasukkan kabel power ke listrik, kita tidak memperhatikan munculnya percikan api, sementara kabel adaptor sudah disambungkan ke laptop. Inilah yang terkadang memicu timbulnya kerusakan motherboard. Bahkan ada yang mengakibatkan laptop terus me-restart padahal sudah di shutdown (jika baterai terpasang), atau meminta password factory default (beberapa kasus terjadi di merk toshiba), dan lain sebagainya.


  3. Tidak melakukan update Antivirus

    Antivirus merupakan pertahanan laptop Anda dari program-program jahat yang dapat merusak sistem operasi Anda bahkan dapat merusak data-data Anda. Jika antivirus Anda tidak update maka virus-virus terbaru gampang masuk ke dalam sistem Anda.


  4. Menyipan benda di atas laptop pada saat tidak digunakan

    Pada saat laptop tidak sedang digunakan dan Anda menyimpannya jangan menyimpan benda lain di atas laptop Anda karena hal ini dapat merusak LCD. Layar notebook merupakan bagian yang cukup rawan, sebab merupakan liquid. Meskipun pada posisi notebook tertutup, hindari adanya benda yang bisa menekan layar seperti buku, kunci, adaptor dan sebagainya yang biasanya tanpa sadar kita lakukan terutama saat laptop di simpan dalam tas. Hal inilah yg dapat menyebabkan layar LCD rusak, muncul garis-garis, titik-titik atau bercak yang mengganggu.


  5. Menyimpan laptop di atas kasur, bantal / benda lembek pada saat digunakan

    Kebiasaa ini yang paling sering saya lihat mengoperasikan laptop di tempat tidur hal ini dapat menghambat sirkulasi udara laptop Anda. Biasanya untuk merek dan tipe notebook tertentu kipas ditempatkan di bagian bawah. Pasti kebayang kan bahayanya jika notebook diletakkan di atas kasur atau bantal? karena akan menghalangi sirkulasi udara masuk dan keluar yang bertujuan untuk mendinginkan suhu laptop. Jika itu sudah menjadi kebiasaan dan dilakukan terus-menerus, bisa-bisa motherboard dan prosesornya "kebakaran"


  6. Melepas baterai pada saat bermain game berat

    Bagi para gamers kebiasaan ini sering mereka lakukan dengan asumsi menjaga ketahanan baterai tapi hal ini akan menyebabkan kerusakan pada mainboard karena notebook atau laptop yang dihidupkan dalam keadaan baterai dilepas sangat rentan terhadap loncatan arus listrik yang tiba-tiba, misal terjadi korsleting, mati listrik mendadak atau tak sengaja kabel adaptor terlepas dan lain-lain, dibandingkan dengan komputer desktop. Biasanya banyak kasus kerusakan motherboard karena hal ini, dengan kondisi layar notebook atau laptop mati total, nge-blank, bergaris-garis dan lain sebagainya.


  7. Tidak mencabut charge meski baterai sudah full

    Usahakan notebook atau laptop tidak over-charge terlalu lama (ini Kebiasaan Buruk Pengguna Laptop yang paling sering kita jumpai, sudah tahu penuh malah dibiarin) karena selain bikin baterai cepat nge-drop juga bisa mengakibatkan notebook jadi overheat dan ini fatal sekali karena bisa memicu kerusakan pada motherboard serta memicu panas pada harddisk.

Cukup sekian yang sempat saya bagikan pada Artikel kali ini tentang 7 Kebiasaan Buruk Pengguna Laptop semoga bisa bermanfaat. Saran dan kritikan serta komentarnya jika ada hal yang kurang dipahami tentang artikel di atas atau jika Anda memiliki hal-hal kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pengguna laptop yang tidak saya sebutkan di atas.

Sumber: http://www.blognazcules.com/2014/04/7-kebiasaan-buruk-pengguna-laptop.html